Senin, 08 Juni 2009

CARA MERAWAT GITAR

CARA MERAWAT GITAR

Banyak orang yang mengabaikan perawatan terhadap alat musik. Misalnya gitar. Kita menganggap lumrah bila motor, mobil, komputer dan benda-benda lainnya kita rawat. Tetapi, bagaimana dengan gitar? Seringkali kita mengabaikannya. Berikut ada beberapa tips seputar perawatan ggitar yang perlu diperhatikan oleh pemiliknya.

MEMILIKI CASE

seperti manusia yang memiliki rumah, demikian pula gitar memerlukan case (tas). Ini bertujuan agar terlindung dari kekotoran yang ada di luar atau benturan-benturan. Memang beberapa gitar yang murah dan sering dimainkan tidak perlu diberi case, namun bila Anda seorang gitaris yang suka mengadakan konser, atau bepergian membawa gitar Anda, milikilah case.

Case gitar ada dua, yang hard atai soft, bagai cover sebuah buku. Hard-case biasanya terbuat dari bahan kayu atau plastik yang cukup kuat dan tebal; sangat aman untuk melindungi gitar. Ini pas dimiliki oleh gitaris yang sering mengadakan tur dan bepergian.

Soft-case biasanya terbuat dari kulit atau kain yang tebal. Soft-case lebih ringan dan mudah untuk dibawa ke mana-mana. Cocok dipakai bila kita tidak terlalu sering bepergian dan bagi yang sering ke studio untuk berlatih. Bila gitar Anda tidak dimainkan, sebaiknya Anda selalu menyimpannya di dalam case.

MEMBERSIHKAN GITAR

Paling tidak seminggu sekali, bersihkanlah senar Anda. Para peneliti beranggapan bahwa saat bermain gitar, tanpa disadari manusia mengeluarkan keringat cukup banyak dari tangannya. Ini karena kerja otak dan gerak tangan yang cukup menguras energi. Hal ini jarang disadari oleh para gitaris.
Lihatlah gitar Anda, apakah banyak daki di setiap permukaan yang dibatasi tiap fret-nya (fretboard)? Itu disebabkan karena setelah bermain, senar gitar Anda terkena keringat Anda; juga kotoran, debu dan lain lain. Apabila Anda tidak rajin membersihkan senar, maka juga akan timbul karat di senar Anda. Dan senar yang berkarat akan merusak fret gitar Anda sehingga di kemudian hari Anda mendapati beberapa nada yang Anda petik di gitar anda suaranya cempreng, karena senarnya menyentuh fret-fret yang terkikis.
Senar gitar bisa dibersihkan dengan cara dilap dengan bahan kaos yang lembut. Bila perlu dibasahi dengan cairan string cleaner (pembersih senar) yang tersedia di toko-toko musik. Bersihkanlah senar gitar Anda di seluruh bagian senar.


MELETAKKAN GITAR

Meletakkan gitar yang benar adalah terlentang, dengan bagian neck bersenar menghadap ke atas. Biasanya, setelah memainkan gitar orang akan meletakkan gitar pada posisi ujung neck bagian atas ditempelkan di dinding. Sedangkan body gitar di bagian bawah menempel di permukaan lantai. Jadi, gitar diletakkan dalam posisi miring.
Hal ini sangat tidak baik untuk gitar karena akan membuat neck bengkok perlahan-lahan. Bila Anda memiliki studio atau panggung pertunjukan yang berisikan alat-alat musik, ingatkan kepada segenap pemain agar meletakkan gitar dengan benar.
Cara lain, bila memiliki biaya, belilah stand untuk gitar Anda. Ini akan menyangga neck gitar Anda dengan aman.

GANTI SENAR

Jika senar Anda sudah berkarat, gantilah. Jika tidak, bukan hanya tidak enak dimainkan, tapi warna suaranya juga menjadi tidak karuan, dan merusak fret gitar. Selain itu, jari-jari kita juga bisa sakit. Belum lagi kalau senar itu putus dan kemudian melukai tangan kita. Wah, dokter bilang kalau benda berkarat bisa menginfeksikan penyakit Tetanus lho. Bahaya ‘kan? Masih mending tangan yang kena… kalau mata? Bisa-bisa jadi Asep Irama!
Biasakan untuk mengganti senar gitar Anda satu set sekaligus, 6 buah. Hal ini untuk mencegah belangnya warna suara antara senar baru dan senar lama. Jadi bila senar Anda sudah lama dan putus salah satunya, disarankan untuk mengganti semuanya.

BERSIHKAN FREDBOARD

Fretboard adalah tempat bersarangnya daki akibat keringat dari jari dan kotoran. Jika dibiarkan terlalu lama, bisa manjadi kerak. Setiap Anda mengganti senar, sekalian bersihkan fretboard-nya.
Ingat, bila Anda membersihkan fretboard, gunakanlah benda yang tumpul, jangan runcing. Gunakanlah, misalnya pick gitar, jangan pisau. Sebab bila menggunakan barang tajam dikuaturkan akan mengikis fretboard-nya pula. Lalu setelah bersih, dilap lagi dengan bahan kaos.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

 

blogger templates | sandy snamor